Apakah perlu mahasiswa berorganisasi?

 

Organisasi
Ilustrasi Organisasi oleh shiftindonesia.com

Apakah perlu mahasiswa berorganisasi?

Oleh: Andi Gigatera Halil Makkasau (D121191054)

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.. Sedangkan menurut Dr.Kartini kartono menjelaskan bahwa, organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, dan terikat secara formal dalam suatu ikatan hierarki dimana selalu terdapat hubungan antara seorang atau sekelompok orang yang disebut pemimpin dan seorang atau sekelompok orang yang disebut bawahan. Jadi bisa disimpulkan bahwa organisasi adalah sebuah wadah yang menjadi tempat berkumpul dua orang atau lebih untuk sama-sama mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama sebelumnya.

            Apakah perlu mahasiswa berorganisasi? Memang benar bahwa berogranisasi tidaklah menjadi suatu kewajiban bagi seorang mahasiswa tentu kewajiban seorang mahasiswa adalah tetap belajar dan memperbanyak ilmu, akan tetapi dari segi manfaat, bukankah sangat disayangkan apalagi generasi penerus bangsa yakni mahasiwa tidak mengisi masa mudanya dengan kegiatan yang bermanfaat?

            Mahasiswa adalah tingkatan tertinggi dari seorang siswa, perlu adanya perubahan dari yang sebelumnya selama kurang lebih 12 tahun belajar dari SD sampai SMA hanya diisi dengan menerima suapan ilmu dari guru hampir setiap hari.  Masa muda adalah masa dimana kita menunjukkan eksistensi dan rasa penuh semangat dan gairah dan mengeksplorasi hal-hal lain dalam diri.

            Belajar memang nomor satu, namun apakah bermanfaat ilmu yang dimiliki jika tidak peduli terhadap lingkungan sekitar? Atau, ilmu yang kita miliki tidak bisa diterapkan secara baik ke masyarakat.  Sejalan dengan fungsi organisasi, ia berfungsi menjadi tempat atau wadah yang menampung aspirasi mahasiswa dan juga sebagai wahana tempat mengembangakn potensi mahasiswa sehingga mampu melahirkan mahasiswa yang berpotensi, berguna bagi masyarakat, dan yang akan melahirkan sosok pemimpin yang terampil dalam memimpin massa atau rakyat suatu saat. Maka, menurut saya bahwa organisasi itu penting. Jika dilihat dari fungsi organisasi dengan baik.  Organisasi juga menjadi salah satu elemen penting dalam pembangunan karakter khususnya karakter kempemimpinan. Banyak orang yang sukses dan berawal dari organisasi, karena tidak dapat dipungkiri bahwa di dalam organisasi kita dituntun untuk terlatih leadershipnya, terlatih dalam mengatur waktu antara kuliah dan organisasi, dan di dalam organisasi juga memperluas jaringan relasi kita kebanyak orang, yang tentunya akan sangat memudahkan kita kedepannya.

            Walaupun organisasi memang tidak ada hubungannya dengan nilai dalam kelas.  Kalau kita menginginkan nilai bagus tentu dengan belajar. Namun disisi lain, organisasi berguna untuk mengasah softskill yang memang tidak diajarkan dalam proses perkuliahan dalam kelas. Mental menyampaikan pendapat, berdebat dan pengalaman bertutur kata yang baik dengan lawan bicara dapat dilatih dengan berorganisasi. Memang IPK tinggi merupakan syarat yang mutlak bagi seorang mahasiswa karena hal tersebut bisa dikatakan berhasil menguasai bidangnya. Namun, apakah puas hanya dengan IPK yang tinggi?, jika tidak ada bekal pengalman nyata berorganisasi, bukankah pengalaman itu penting?  Maka dari itu saya menganggap bahwa organisasi adalah suatu yang sangat penting untuk diri sendiri dan untuk banga Indonesia kedepannya, mengingat bahwa mahasiswa adalah kelompok orang yang dianggap paling terdidik dan diharapkannya suatu saat akan memegang tongkat estafet kepemimpinan pada masa yang akan datang.

 

 

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar