Kuis 1 Mata kuliah Jaringan Komputer

 





Nama        : Andi Gigatera Halil Makkasau

NIM          : D121191054

Teknik informatika B 2019

SOAL
1. Jelaskan fungsi layer aplikasi, presentation dan
session pada protocol OSI.
2. Jelaskan beberapa perkembangan teknologi jaringan
terkini.
3. Jelaskan minimal 5 perangkat jaringan komputer
serta fungsinya.
4. Jelaskan 3 macam layanan (service) pada layer

aplikasi.


Jawaban

Fungsi layer aplikasi 


1. Sebagai User Interface
Aplication Layer ini juga berfungsi sebagai user interface yang dimana memiliki tujuan untuk mendefinisikan data dan penyajian data yang dilakukan oleh presentation layer, namun pengguna tidak bisa melihat dan data dan membacanya. Maka dari itu, ketika presentation layer bekerja dalam menyajikan data, maka Aplication Layer akan bekerja dalam menampilkan data yang disajikan dalam antarmuka dengan pengguna. Salah satu contoh dengan menggunakan program atau sistem tertentu, sehingga data yang disajikan akan dapat dilihat dan diamati secara langsung oleh pengguna.
2. Sebagai sarana untuk mengumpulkan informasi
Fungsi selanjutnya adalah Aplication Layer ini berperan penting sebagai kolektor semua informasi dan data yang diterima dan yang akan dikirim melalui jaringan. Apabila pengguna menerima data maka Aplication Layer akan mengumpulkan semua data yang telah diterima untuk kemudian diangkat dalam aplikasi tertentu.
Apabila pengguna mengirimkan data maka Aplication Layer mengumpulkan keseluruhan data dalam aplikasi tertentu dan kemudian akan meneruskan data ke presentation layer untuk didefinisikan dan diproses lebih jauh ke dalam jaringan.
3. Sebagai Sarana Membantu Kinerja Aplikasi

Aplication Layer ini juga berfungsi dalam perangkat keras yang kita kenal sebagai komputer server namun tergantung pada proses yang sedang berlangsung. Komputer server harus memiliki perangkat lunak yang mendukungnya.

Fungsi layer presentation

a. Melakukan enkripsi data atau pesan
Presentation layer memiliki fungsi untuk melakukan proses enkripsi data. proses enkripsi data merupakan proses yang dilakukan untuk mengamankan data atau pesan yang akan ditransmisikan untuk menjaga keamanan pesan atau data tersebut. Ketika bertindak sebagai receiver, maka presentation layer memiliki fungsi untuk melakukan deskripsi, yaitu membuka enkripsi dari suatu pesan ataupun data.

b. Melakukan proses kompresi dan dekompresi
Sama seperti proses enkripsi dan deskripsi yang dilakukan sebelumnya, fungsi kedua dari lapisan presentation layer pada OSI layer model ini berfungsi untuk melakukan proses kompresi dan dekompresi. proses kompresi merupakan proses pemadatan atau pengecilan suatu data, sehingga data tersebut dapat dengan mudah diteruskan ke dalam sebuah jaringan (yang merupakan sebuah proses yang terjadi ketika presentation layer bertindak sebagai transmitter). Sedangkan proses dekompresi dilakukan untuk membuka dan memperjelas data yang akan diterima dan akan diteruskan ke application layer. proses ini terjadi ketika lapisan presentation layer ini akan menerima data yang akan ditampilkan pada application layer (proses user sebagai receiver data).

c. Melakukan proses pemformatan pada bentuk-bentuk grafis
Fungsi berikutnya dari presentation layer adalah sebagai pemformat bentuk-bentuk grafis.Beberapa data ditransmisikan dalam bentuk grafis, atau beberapa aplikasi mengharuskan sebuah data ditampilkan dalam bentuk grafis, dan begitu pula sebaliknya. Fungsi dari presentation layer adalah memformat bentuk-bentuk grafis yang masuk ke dalam jaringan tersebut.

d. Mentranslasi konten yang ada
Selain melakukan proses pemformatan dalam bentuk-bentuk grafis, fungsi dari lapisan presentation layer lainnya adalah untuk melakukan proses translasi dari konten yang ada. Proses translasi ini dilakukan agar setiap data atau konten yang disalurkan melalui jaringan dapat diidentifikasi dan didefinisikan oleh tiap-tiap lapisan pada model OSI layer dan dimengerti oleh keseluruhan jaringan.

e. Menyajikan data
Berikutnya, yang merupakan fungsi dari presentation layer yang cukup penting adalah menyajikan data. Presentation layer membantu menyajikan data yang ada, baik ketika akan ditampilkan ke dalam layer application, maupun ketika akan diteruskan ke lapisan session layer.

f. Menentukan tipe data yang ada

setelah mampu menyajikan data, presentation layer juga memiliki fungsi lainnya, yaitu untuk menentukan tipe data yang ada. Tipe data yang akan ditransmisikan, baik yang ditransmisikan menuju application layer, ataupun ditransmisikan menuju session layer didefinisikan oleh presentation layer.

Perkembangan teknologi jaringan komputer terkini

1.      4G


 

Jaringan nirkabel untuk telekomunikasi generasi keempat diperkenalkan pertama kali di Korea Selatan pada tahun 2007.
Generasi keempat dari jaringan wireless ini menawarkan kecepatan hingga 100 Mb apabila digunakan untuk mengakses data dengan mobilitas tinggi. Sedangkan untuk mengakses data mobilitas rendah atau untuk mengakses data nirkabel secara lokal, jaringan generasi keempat atau 4G menawarkan kecepatan hingga 1 GB per second.

2.      LTE


 

Jaringan LTE diperkenalkan pada tahun 2009 di Oslo Norwegia dan di Stockholm Swedia. Ini merupakan standar jaringan wireless berkecepatan tinggi untuk ponsel dan Terminal data. Kecepatan maksimal download jaringan LTE mencapai 300 MB / s dan upload mencapai 75 MB 

3.      Fiber


 

Industri telekomunikasi berkembang dengan sangat pesat. Jika dahulu teknologi jaringan berbasis kabel kebanyakan menggunakan kabel berbahan tembaga, saat ini sudah dikembangkan jaringan dengan teknologi kabel serat optik. Salah satu kelebihan penggunaan kabel serat optik adalah kecepatannya mentransfer data yang jauh lebih besar dan stabil dibandingkan dengan penggunaan kabel tembaga.

Salah satu bentuknya adalah FTTH (fiber to the home) yang memungkinkan jaringan ini masuk ke rumah-rumah. kelebihan jaringan menggunakan kabel optik ini adalah, memiliki kecepatan yang stabil dan bisa mentransfer 1GB/s atau lebih hingga puluhan kilometer. Jauh berbeda dengan penggunaan kabel tembaga yang hanya bisa mentransfer data sejauh 100 meter untuk 1 GB 

Jelaskan minimal 5 perangkat jaringan komputer beserta fungsinya

1. Router


 

Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga pengiriman data dari satu perangkat ke perangkat lain bisa diterima. Router itu bisa menghubungkan network / jaringan yang menggunakan topologi seperti bus, star dan ring. per second.
Dengan adanya perangkat bernama router tadi maka dua jaringan yang berbeda dapat terhubung, sebagai contoh 135.165.112.6/24 bisa terhubung ke 163.190.231.4/24 begitu dengan sebaliknya.
Proses melakukan routing ini terjadi pada layer ke tiga pada OSI Layer. Perlu diketahui juga jika cara kinerja router tersebut hampir sama dengan bridge yang sama-sama meneruskan data.

2. Wireless Card


 

Wireless Data ini merupakan sebuah jaringan yang mampu menghubungkan dua device tanpa menggunakan kabel. Wireless Card dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer sehingga bisa saling terhubung melalui jaringan Wi-Fi dan tanpa menggunakan kabel.

3. Perangkat LAN Card


 

Seperti halnya dengan perangkat jaringan yang lain, LAN Card ini merupakan perangkat jaringan yang dapt menghubungkan kiriman data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

4. Bridge


 

Perangkat Bridge ini berfungsi untuk memperluas jaringan ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga bisa dipergunakan pada perangkat lain. Dalam kinerja Bridge ini ia harus mengenali alamat MAC yang biasanya mentransmisikan sebuah data ke jaringan, baru kemudian bridge membuat tabel otomatis. Kelebihan perangkat bridge ini ialah ia bisa menentukan segmen mana yang akan di rooting atau disaring.

5. Hub


 

Hub pada komputer gunanya untuk membagi server ke jaringan lain, adapun kelemahan dari Hub ini ialah jika ia rusak maka transmisi jaringan ke komputer juga tidak dapat berjalan dengan begitu dia tidak dapat mengatur kecepatan data yang di kirimkan ke komputer lainnya.

 

Jelaskan 3 macam layanan service pada layer aplikasi 

1.      DNS (Domain name server)

 


DNS : server yang digunakan untuk untuk mengkonversi nama
domain ke dalam IP addres dan sebaliknya
Dalam dunia internet, komputer akan berkomunikasi satu sama lain
dengan mengenali IP Address

 

2.      TELNET

 

Telnet : protokol yang digunakan untuk melakukan remote access,
yaitu mengakses suatu "machine" dari jarak jauh

 

3.      EMAIL (Elektronik mail)

 

Menggunakan protocol
1. SMTP -Simple Mail Transfer Protocol
digunakan untuk mengirim email.
◦ 2. POP - Post Office Protocol
 digunakan untuk membaca email

4.      DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)


 

·        Merupakan protokol yang dipakai untuk memberikan IP

address secara dinamis kepada client.
·        Jika Non DHCP, pemberian IP address dilakukan secara
manual ke setiap komputer
·        Jika menggunakan DHCP, seluruh komputer yang
tersambung di jaringan akan mendapatkan IP address secara
otomatis dari server DHCP.
·        Selain IP address , banyak parameter jaringan yang dapat

diberikan oleh DHCP, seperti default gateway dan DNS server. 

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar