TUGAS ADMINISTRASI KEUANGAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKATORAN




TUGAS ADMINISTRASI KEUANGAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKATORAN

TUGAS 1 : Pengertian Dan Fungsi Administrasi Keuangan

1.  Carilah dari berbagai sumberpengertian dari : a.  Administrasi
b.  Administrasi Keuangan
2.  Jelaskan komponen-komponen administrasi keuangan 3.  Jelaskan Fungsi Administrasi Keuangan berikut :
a.    Fungsi Investasi
b.     Fungsi Mencari Dana
c.    Fungsi Pembelanjaan
d.    Fungsi Pembagian Laba
4.  Jelaskan apa itu Job Description, kemudian carilah contoh job description petugas administrasi keuangan !


Jawaban

1.a Pengertian Administrasi
  Pengertian Administrasi  secara umum  adalah suatu bentuk usaha dan kegiatan yang
berkaitan dengan pengaturan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.
  Pengertian Administrasi secara sempit  ialah suatu bentuk kegiatan yang meliputi catat-
mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan.
  pengertian administrasi secara luas ialah segala bentuk proses kerja sama dari dua orang
atau lebih untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasana khusus secara berdaya guna dan berhasil guna.

1. b Pengertian Administrasi Keuangan
administrasi keuangan adalah pengelolaan yang meliputi seluruh aktifitas yang berkaitan dengan keuangan untuk mencapai tujuan sebuah organisasi ataupun perusahaan tertentu. Dengan adanya administrasi keuangan yang baik,maka akan tercipta suasana kerja yanglebih nyaman serta produktif. Hal ini juga akan mendorong terciptanya keuangan yang lebih tertata dan lebih baik bagi suatu perusahaan tertentu. Tidak perlu khawatir dengan rumitnya rumus dan ketentuanyang ada karena hasilnya akan sangat baik bagi bisnis.

2. Komponen-komponen administrasi keuangan
Sebagai bentuk pengelolaan perlu ada beberapa komponen di dalam administrasi keuangan. Komponen administrasi keuangan terdiri dari hal-hal berikut :
1.   Perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan yaitu merencanakan pemasukan dan
pengeluaran keuangan ataupun aktivitas-aktivitas lainnya dalam kurun waktu tertentu.
2.  Penganggaran keuangan. Pemasukan, pengeluaran, maupun aktivitas yang telah direncanakan sebelumnya, kemudiandidetailkan dan dibuatkan anggarannya.
3.  Pengelolaan keuangan. Penggunaan dana sedemikian rupa agar dapat bermanfaat secara maksimal.
4.  Pencarian keuangan. Upaya mendapatkan pendanaan agar segala aktivitas organisasi dapat berjalan lancar.
5.   Penyimpanankeuangan. Upaya pengumpulan dana organisasi dan menyimpannya secara
aman.


 







6.  Pengendalian keuangan. Berkaitan dengan penialaian dan perbaikan sistemataupun kineja keuangan di dalam organisasi.
7.  Peeriksaan keuangan. Berkaitan dengan pemeriksaan atau audit internal terhadap penggunaan keuangan agar penyimpanan dapatdicegah.

3. a Fungsi Investasi
Fungsi investasi, meliputipengelolaan dana ke dalam aktiva-aktiva yang akan di gunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Dana tersebut bisa berasal dari modal sendiriatau dari luar. Secara
garis besar, keputusan investasi dapat dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitusebagai berikut.
    Investasi jangka pendek, meliputi investasi dalam kas, persediaan, piutang, dan lain-lain.
    Investasi  jangka  panjang,  berupa  gedung,  tanah,  peralatan  produksi,  kendaraan,  dan  lain- lain.
3.b Fungsi Mencari Dana
3.c  Fungsi Pembelanjaan

3. d Fungsi Pembagian Laba



4.









contoh contoh atau bagian-bagian pada  Job description adalah sebagai berikut :
1) Manajer Umum (General Manager)  
Manejer utama mempunyai wewenangtertinggi perusahaan yangbertanggung jawab atas berlangsungnya segalakegiatan perusahaan meliputimemimpin mengatur, membimbing dan mengarahkan organisasi perusahaan, dimana kegiatan tersebut untuk mencapai prestasi yangtinggi dalam menghasilkan produk-produk berkualitas denganjaminan sistem mutu yangselalu terjaga dan dilaksanakan secarakonsisten.
2) Manajer Pabrik (Factory Manager)  
Manajer pabrik bertugas dan bertanggung jawabdalam mengatur dan mengawasi kegiatan yang berhubungan dengan produksi dan mengambil tindakan untuk kelancaran jalannya proses produksi. Selainitu manajer pabrikmemiliki tugas dan tanggung jawab:
(a)   Merencanakan,    mengkoordinasi,     mengarahkan     dan     mengendalikan kegiatan manufacturingyang meliputi PPIC,produksi, teknik purchasing dan gudang


 








untuk memperlancar proses pencapaian sasaran perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang.
(b)   Meningkatkan usaha dalam bidang peningkatan mutu produk, produktifitas kerja dan pengendalian biayaoperasional secara kontinu.
(c)  Mengatur dan mengendalikan prosesmanufacturing sesuai dengan standar yang ditentukan.
3)     Supervisor Produksi (Production Supervisor) 
Supervisor produksi bertugas menyempurnakan organisasi, prosedurdan sistem kerjaguna
pencapaian dalam semuaaspek. Menyediakan kebutuhan sarana dan fasilitas kerja sesuai dengan persyaratan.
4)    Manajer Teknik (Manager Technical) 
Bertugas merencanakan, mengkoordinasi dan mengendalikan kegiatan teknik sehingga dapat menjaminkelancaran operasional mesin produksi dan sarana penunjang. Membuat perencanaan kerja yangdiselaraskan dengan tujuanmanajemen khususnya dalamkegiatan yang menyangkut teknik.Menjaga pelaksanaan perawatan dan perbaikan mesin.
5)     Manajer Gudang (Warehouse Manager) 
Manajer gudang bertugas merencanakan dan mengendalikan kegiatan pergudangan, sehingga tercapai tujuan utamanya, diantaranya keamanan, keakurasian jumlah dan kebutuhan barang yang dikelola, dengan melaksanakan sistem dan prosedur yang telah ditetapkan manajemen. Menerapkan prosedur kerja,termasuk syarat-syarat, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) untuk menjagadan memelihara semuaaset perusahaan berupa aset tetap atau asettidak tetap. Menjagakelancaran dan pelaksanaan semua kegiatan arus
transaksi barang melaluipenentuan tata letak gudang serta penunjang tenaga pelaksana, agar tercapai pemanfaatan fasilitas dan optimalisasi tenagakerja.


 








TUGAS ADMINISTRASI KEUANGAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKATORAN

TUGAS 2 : (Pengelolaan Dana Kas Kecil)

1.  Jelaskan pengertian kas kecil menurutpendapat anda ! 2.  Sebutkan contoh-contoh kas perusahaan!
3.   Sebutkan tujuan dibentuknya kas kecil !
4.  Jelaskan mengenai metode pembukuan kas kecil, kemudian jelaskan kelebihan dan kelemahan dari masing-masing metodepembukuan kas kecil!
5.   Gambarkan bagan prosedur penanganan kas kecil !
6.   Carilah contoh Voucher Kas Kecil kemudianjelaskan kegunaannya !



Jawaban

1. Pengertian kas kecil :
Kas kecil atau petty cash adalah uang tunai yang di sediakan untuk membayar pengeluaran- pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonimis bila dibayar dengan cek.

2. Contoh-contoh kas perusahaan :
1. 





2. 


3. 












3. Tujuan dibentuknya kas kecil :
     Untuk membayar pengeluaran-pengeluaran perusahaan yang jumlah nominalnya kecil.
     Sebagai dana talangan untuk membayar pengeluaran yag sifatnya mendadak
     Sebagai   dana   langsung   untuk   jenis-jenis   pembayaran   yang   tidak   praktis   apabila menggunakan cek
     Untuk mempercepat proses pembayaran yang tidak raktis apabila menggunakan lampiran keuangan yang perlu ditandatagani direkturterlebih dahulu

4. Metode pembukuan kas kecil, kelebihan dan kelemahan dari masing-masing  metode pembukuan kas kecil :
     Sistem dana tetap (Imprest Fund Syistem)


 








Sistem dana tetap (Imprest Fund Syistem) adalah metode pembukuan kas kecil dimana
 jumlah dana kas kecilselalu sama pada setiap pembukuan buku kas baru a)      Keuntungan menggunakan system imprest ini yaitu :
-    Menghemat waktu dalam pembukuan
-    Memudahkan     untuk     mengetahui     setiap    pengeluaran berdasarkan      pos- pos pengeluaran pada setiap pembukuan
- Karena jumlah dana kas per periode selalu sama sehingga memudahkan bendahara untuk menentukan jumlah dana perbagian/ unit per periode Pemegang
kas/pimpinan akan berhati-hati dalam mengelola keuangannya mengingat dalam system ini tidak ada penambahan dana ditengah periode
b)    Kerugian menggunakan system imprest fund system ini adalah:
-    Hanya dapatmengecek saldo kas di akhirbulan / akhir transaksi
- Petugas kas kecil atau sekretaris tidak dapat sewaktu-waktu mengambil/mengisi kas
- Tidak dapat sewaktu waktu mengecek dana kas

      Sistem dana tidak tetap (Fluctuation Fund System
Sistem dana tidak tetap (Fluctuation Fund System) adalah metode pembukuan dana kas kecil dimana jumlah kas kecil selalu berubah-ubah pada saat pembuatan kas baru
a)    Keuntungan menggunakan system dana tidak tetap ini adalah:
-      Saldo kas kecil dapat diketahui setiapsaat
-      Apabila danakas kecil tidakcukup administrasi atau petugas kas kecil dapat
meminta/mengambil dana kembali
-      Dana awaltiap periode selalusama
-      Mudahdilakukan pengontrolan terhadapbuku kas b)     Kerugianmenggunakan system dana tidak tetapadalah:
-      Tidak dapatdiketahui pengeluaran terbanyak digunakan untuk apa


5. Gambar bagan prosedur penanganan kas kecil



 








6. Contoh Voucher Kas Kecil dan kegunaannya
Voucher kas kecil adalahlemabaran formulir yangdigunakan dalam pengelolaan dana kas kecil, yang fungsinya untuk mencatat transaksi yang tidak mempunyai bukti transaksi seperti kuitansi, faktur, atau nota.
Pada prosedur pengelolaan kas kecil, apabila transaksi tersebut tidak mempunyai bukti, sebagai ganti bukti transaksi dapat menggunakan voucher kas kecil.
Langkah-langkah penggunaan sistem voucher adalah sebagai berikut :
1.   Setelah menerimapemberitahuan dari atasanatau pimpinan bahwaada transaksi yangtidak
memiliki bukti transaksi, ambil form voucher kas kecil, lalu catat data yang diberitahukan kemudian minta tanda tangan atasan atau pimpinan.
2.  Catat datavoucher kas kecilpada buku kas keluar, laluminta tanda tanganatasan atau pimpinan.
3.   Keluarkan uang sejumlah nilaipada voucher tersebut.
Sebagai contoh Adindamembli ATK (AlatTulis Kantor) sebesarRp500.000, Adinda tidak mempunyai bukti transaksi, dengandemikian transaksi tersebut akan dicatat ke dalam voucher.
Pencatatannya adalah sebagai berikut:



 








TUGAS ADMINISTRASI KEUANGAN KELAS XI ADMINISTRASI PERKATORAN

TUGAS 3 : Bukti-Bukti Transaksi

1.   Jelaskan perbedaan bukti transaksi eksterndan bukti transaksi intern !
2.  Carilah 5 contoh buktitransaksi ekstern kemudianjelaskan kegunaannya ! 3.  Carilah 5 contohbukti transaksi internkemudian jelaskan kegunaannya !


Jawaban

1. Perbedaan bukti transaksi ekstern dan bukti transaksi intern
a.  Transaksi Ekstern
Transaksi Ekstern yaitu transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan dengan pihak luar perusahaan, seperti pembelianbarang, pembayaran utang, penerimaan piutang, dan lain sebagainya. Bukti transaksi ada berbagai macam seperti misalnya faktur, nota kontan, cek, nota debet, dannota kredit, tergantun pada jenis transaksinya. Bukti ekstern merupakan bukti pengeluaran uang bisa diperoleh dari kuitansi yang dibuat serta ditanda tangani oleh pihak penerima uang.
b.  Transaksi Intern
Transaksi Intern yaitu suatu transaksi keuangan yang terjadi di dalam perusahaan, seperti
misalnya pemakaian perlengkapan, penyusutan dan lain sebagainya. Bukti Transaksi Intern merupakan bukti transaksi yang khusus dibuatoleh dan untuk internperusahaan.

2. 5 contoh bukti transaksi ekstern dan kegunaannya a. Kwitansi
Pengertian Kwitansi adalah bukti yang digunakan saat transaksi penerimaan sejumlah uang. Kwitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerimauang dan diserahkan kepada yang melakukan pembayaran.
Pada umumnya kwitansi sendiri terdiri daridua bagian, bagianpertama diberikan kepada pihak yang membayar untuk bukti pencatatan pengeluaran uang, sedangkan bagian yang tertinggal (Sub atau bonggol kuitansi) dapat dijadikan sebagai bukti pencatatan penerimaan uang.


 








Kwitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak penerima uang dan diserahkan kepada yang melakukan pembayaran.

b. Nota Kontan
Pengertian Nota kontan adalah dokumen yang dibuat dan dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Lembar yangpertama (asli) diserahkan kepada pihak pembelidan copynya disimpan oleh pihak penjual sebagaibukti transaksi atas penjualan tunai.















c. Faktur ( Invoice )
Pengertian Faktur  merupakan pernyataan tertulis mengenai barang yang dijual, baik

 Fjuamktluarh  bdearnfu  hnagrsgi aunnytau. kF  abkathuarn  d  pikeerltuimarbkan goalne hp  epmihbakek liy aunngt umk emnjeunael liktei pbaadran  pgi-hbaakr apnegm  ybaenlgi. dibelinya. Bukti ini akan diperlukan juga loh saat terjadi retur pembelianatau retur penjualan. 
Faktur sendiri dibedakan menjadi dua yaitu faktur pembelian dan faktur penjualan. Bagi pihak pembeli, fakturyang diterima merupakan faktur pembelian, tetapibagi penjual, faktur yang diterima merupakan faktur penjualan.


 











































 


d. Nota Kredit
Pengertian Nota kredit  merupakan bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual (pengembalian), nota kredit dikeluarkan oleh pihak penjual. Bukti ini berfungsi sebagai alat persetujuan dari pihakpenjual atas permohonan pengurangan hargadari pihak pembeli karena barang yang diterima mengalami kerusakan dan atau tidak sesuai dengan pesanan pembeli.

















e. Nota Debet
Pengertian Nota debet adalah dokumen transaksi sebagai permintaan pengurangan harga kepada pihak penjual atau bukti yang berisi informasi yang menyatakan tentang

pengiriman kembali barang yang tidak sesuai dengan pesanan (rusak).


 








Nota debet merupakan pemberitahuan atau perhitungan yang dikirimkan suatu perusahaan atau badanusaha kepada konsumennya, bahwa akunnya telahdi debet dengan
 jumlah nominal tertentu.
Nota debit dibuat oleh pihak pembeli.


3. 5 contoh bukti transaksi intern dan kegunaannya
a. 

Bukti Kas Masuk, yaitu tanda bukti bahwa perusahaan sudah menerima uang secara cash ataupun secara tunai.

b. 

Bukti Kas Keluar, yaitu tanda bukti bahwa perusahaan sudah mengeluarkan uang tunai, seperti misalnya pembayaran gaji, pembelian dengan tunai, pembayaran utang ataupun pengeluaran-pengeluaran lainnya.


 








c.Memo, yaitu bukti pencatatan antar bagian maupun manager dengan bagian-bagian yang ada di lingkunganperusahaan




d.  Gaji dan upah merupakan bagian dari kompensasi-kompensasi yang paling besar yang diberikan perusahaan sebagai balas jasa kepada karyawannya. Dan bagi karyawan ini merupakan nilai hak dari prestasi mereka,juga sebagai motivatordalam bekerja. Sedangkan
bagi perusahaan jasa,gaji dan upah merupakan komponenbiaya yang mempunyai dampak besar dalam mempengaruhi laba, sehingga harus terus menerus diawasi pengelolaannya. Istilah gaji (salary) biasanya digunakan untuk pembayaran atasjasa manajerial, administratif, dan jasa-jasa yang sama. Tarif gaji biasanya diekspresikan dalam periode bulanan. Istilah
upah (wages) biasanya digunakan untuk pembayaran kepadakaryawan lapangan (pekerja kasar) baik yang terdidik maupun tidak terdidik. Tarif upah biasanya diekspresikan secara mingguan atau perjam.



 









e.  Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi merupakan laporan yang memiliki fungsi untuk menyediakan atau menganalisasi perkembangan perusahaan kedepannya yang di lihat dari seberapa besar kemampuan perusahaan untukdapat menghasilkan labasesuai dengan kurunwaktu yang di tetapkan sesuai dengan manfaat akuntansi.  Laporan ini penting di miliki oleh semua perusahaan yang berkembang dan maju. Dengan adanya laporan laba rugi ini maka perusahaan dapat mengambil suatu keputusan untuk kemajuan perusahaan. Dalam laporannya pembuatan laporanlaba rugi ini ada di buat setiapseminggu, sebulan dan
semester serta setahun.Semuanya di laporkansesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk menilai kinerja selamaperiode waktu tertentu.



Sumber

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar