Cara Agar Mampu MenahanHawa Nafsu di Bulan Ramadhan

Nafsu Liar Pembawa Malapetaka Halaman 1 - Kompasiana.com
Sumber: www.nu.or.id
1. Mengisi dengan Aktifitas Produktif
Untuk dapat mengelola hawa nafsu maka salah satu caranya adalah dengan tidak mendekati hal-hal yang dapat membuat kita melakukan hal yang membatalkan puasa tersebut. Untuk itu, kita harus mengisi aktivitas dengan hal-hal yang produktif, tidak berdiam diri, melamun atau pikiran kosong apalagi mendekati hal yang membatalkan puasa atau mengeluarkan hawa nafsu kita.

Dengan melakukan aktifitas produktif kita bisa mengalihkan dorongan hawa nafsu. Apa yang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan teralihkan dengan fokus yang beralih.

2. Tidur Lebih Baik dibanding Bermaksiat
Dalam sebuah hadist Rasulullah pernah menyampaikan bahwa ketika bulan Ramadhan tidur seseorang pun bisa mendapatkan pahala kebaikan. Hal ini tentu baik karena menjauhkan dari kemaksiatan. Akan tetapi dibanding tidur tentunya ibadah dan amalan yang produktuf lebih baik.

3. Berkumpul dengan Orang-Orang Shaleh
Berkumpul dengan orang-orang shaleh adalah hal yang bisa mengondisikan diri kita secara praktis untuk mengalihkan diri dari dorongan hawa nafsu. Dengan berkumpul bersama orang-orang shaleh kita akan berdiskusi, berinteraksi, dan juga melakukan aktifitas yang juga mengandung kebaikan.
Bersama dengan orang shaleh, kita juga bisa meningkatkan Hubungan Akhlak Dengan Iman Islam dan Ihsan, Akhlak Dalam Islam, Hubungan Akhlak dengan Iman, Cara Meningkatkan Akhlak,  dan memahami Tasawuf Akhlaki lewat diskusi yang terjalin bersama.
Berkumpul bersama orang-orang shaleh tentunya membuat kita juga terdorong dan lebih semangat untuk mengisi aktifitas kebaikan. Dengan mereka juga kita akan saling mengingatkan dan saling menjaga dalam nilai-nilai islam. Dengan begitu, kemaksiatan atau hawa nafsu tentunya akan terhalang oleh kebersamaan dengan orang-orang shaleh.

4. Membuat Target Selama Bulan Ramadhan
Untuk bisa mengalihkan atau menahan hawa nafsu, maka hendaknya kita membuat target selama bulan ramadhan. Dengan target atau tujuan yang dimiliki kita akan lebih fokus pada hal target tersebut dibanding dengan apa yang kita inginkan atau dorongan hawa nafsu yang hadir.


5. Mendalami penyebab nafsu susah dikontrol
Terkadang, ketidakmampuan dalam mengontrol nafsu seksual bisa disebabkan dalam kondisi tertentu. Tidak hanya bulan puasa, dalam keseharian kita terkadang merasa kesulitan untuk mengontrol gairah seksual.
Sebaiknya, lakukan terapi dengan ahli untuk mengetahui akar permasalahan. Terapi membantu kita untuk mengetahui tujuan hidup. Dengan begitu, kita berfokus mengejar tujuan, sehingga dapat mudah mengontrol diri.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar