Tugas Probabilitas dan statistik (Tugas 1)

 



Nama       : Andi Gigatera Halil Makkasau

NIM        : D121191054

Jurusan    : Teknikn informatika

Angkatan : 2019 

SOAL

 

10.     Nyatakan apakah setiap variabel berikut adalah kualitatif atau kuantitatif :

a.    Penjualan tahunan dalam jutaan rupiah

b.    Ukuran minuman jadi (kecil, sedang, besar)

c.    Klasifikasi pekerjaan

d.    Pendapatan per kapita

e.    Metode pembayaran (kas, cek, kartu kredit)

 

11.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan skala: NOMINAL (N), ORDINAL (O), INTERNAL (I), RASIO (R). Penelitian dilakukan terhadap nasabah bank Mandiri, Cabang Menteng. Nasabah ditanya hal-hal berikut:

a.    Jumlah tabungannya

b.    Jumlah penghasilannya

c.    Banyaknya anggota rumah tangga yang ditanggung

d.    Umumnya

e.    Agamanya

f.     Suku bangsanya

g.    Tingkat pendidikannya

h.    Frekuensi menabungnya dalam setahun

i.     Tingkat kepuasannya Sebutkan nama yang: N? P? I? R?

12.     Departemen perindustrian melaporkan bahwa pada tahun 1998 dari sejumlah perusahaan yang mendaftar untuk memperoleh ISO 9002, 23 berasal dari perusahaan manufaktur skala besar, 18 berasal dari perusahaan jasa, dan 30 dari bisnis berskala kecil. Dari informasi tersebut termasukjenis data apakahmenurut Anda, kualitatif atau kuantitatif?

 

13.     Sebuah survei dilakukan untuk melihat struktur ketenagakerjaan. Jenis pekerjaan dikelompokkan menjadi tiga kelompok atau sektor, yaitu pertanian, manufaktur, dam kasa. Data dicatat dengan kode 1 yang menyatakan pertanian, 2 menyatakan manufaktur, dan 3 menyatakan jasa. Variabelnya adalah sektor pekerjaan. Apakah variabel termasuk kualitatif atau kuantitatif?

 

14.     Sebuah biro perjalanan di Bali mengumpulkan data tentang wisatawanyang berkunjung ke Bali.Pertanyaan berikut ditanyakan pada 16 orangpenumpang pesawat yang datang pada bulan Maret 1999.

a.    Perjalanan ke Bali kali ini adalah yang ke: 1, 2 ,3 ,4,4+ (lebih dari 4)

b.    Alasan utama perjalanan ini adalah: (10 kategori termasukliburan, konferensi, bulan madu).

c.    Di mana Anda merencanakan tinggal: (11 kategori termasuk apartemen, tempat saudara, camping)

d.    Total jumlah hari di Bali.


Setelah mendapatkan jawabannya, maka Anda diminta untuk menjawab pertanyaan berikut:

a.    Sebutkan populasi yang diselidiki/diteliti!

b.    Apakah penggunaan kuesioner merupakan cara yang baik untuk mencapai populasi penumpang pada pesawat yang datang.

c.    Berikan komentarpada setiap pertanyaan di atas dalam bentuk apakahpertanyaan tersebut akan menghasilkan data kualitatif atau kuantitatif?

 

15.     Berikan contoh penggunaan data sebagai dasar perencanaan pembangunan nasional, regional, dari sektoral. Kemudian contoh penggunaan data untuk dasar perencanaan personalia, keuangan, pertanian, produksi, dan penjualan.

 

16.     Mengapa pimpinan daerah (gubernur, bupati, dan lain sebagainya) memerlukan data daerah? Berikan contoh kegunaan data bagi pimpinan daerah.

 

17.     a. Sebutkan beberapa contoh data yang diperlukan untuk dasar perencanaan daerah.

b. Sebutkan cara-cara untuk memperoleh data daerah tersebut.

Jawaban

=========================================================================

 

10.        a.  Penjualan tahunan dalam jutaan rupiah          : Variabel Kuantitatif

b.      Ukuran minuman jadi (kecil, sedang, besar) : Variabel Kualitatif

c.       Klasifikasi pekerjaan                                       : Variabel Kualitatif

d.      Pendapatan per kapita                                     : Variabel Kuantitatif

e.       Metode pembayaran (kas, cek, kartu kredit)  : Variabel Kualitatif

 

11.        NOMINAL ialah angka yang hanya berfungsi hanya untuk membedakan, sebagai lambang/simbol. Disebut data kategori/nonmetrik/kualitatif.

 

ORDINAL ialah angka yang selain berfungsi sebagainominal juga menunjukkan urutan, dengan jarak tidak sama. Tidak sampai menunjukkan berapa kali.

INVERVAL ialah angka yang berfungsisebagai nominal dan ordinal juga menunjukkan jarak yang sama tetapi tidaksampai menunjukkan berapakali, tidak mempunyaititik asal nol

 

RASIO ialah angka yang selain berfungsi sebagai nominal, ordinal, dan, interval juga menunjukkan beberapa kali, sebab menunjukkan titik asal nol.

 

a.  Jumlah tabungannya (R)

b.  Jumlah penghasilannya (R)

c.  Banyaknya anggota rumah tangga yang di tanggung (R)

d.  Umurnya (R)

e.  Agamanya (R)

f.  Suku bangsanya (N)

g.  Tingkat pendidikannya (O)

h.  Frekuensi menabungnya dalam setahun (R)

i.  Tingkat kepuasannya (I)

 

12.        Data tersebut termasuk Variabel Kuantitatif, Karena data dalam bentuk angka serta mempunyai besaran (magnitude).

13.        Variabel tersebut termasuk data VariabelKualitatif, Karena data tidak berbentuk angka dan tidak mempunyai besaran (magnitude). Angkayang terdapat dalam data ialah angka yang hanya berfungsi untuk membedakan, sebagailambang/simbol.

 

14.        a. Populasi yang diselidiki adalah 16 wisatawan yang berkunjung ke bali

b.      Menurut kami penggunaan kuesioner bukan cara terbaik untuk menentukan populasi pada penumpang pesawat yang akan datang. Akan lebih baik jika menggunakan statistik data.

c.       Pada pertanyaan bagian (a) menghasilkan data kuantitatif, bagian (b) menghasilkan data kualitatif, bagian (c) menghasilkan data kualitatif, dan bagian (d) menghasilkan data kuantitatif.


15. Contoh penggunaan data sebagai dasar perencanaan pembangunan nasional, regional dan sektoral?

Ø  Pendahuluan

Perencanaan merupakan cara, teknik atau metode untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara tepat, terarah dan efisien sesuai dengan sumber daya yang tersedia. Secara umum perencanaan pembangunan adalah cara atau teknik untuk mencapai tujuan pembangunan secara tepat, terarah dan efisien sesuai dengan kondisi negara atau daerah bersangkutan. Sedangkan tujuan pembangunan pada umumnya adalah untuk mendorong proses pembangunan secara lebih cepat guna mewujudkan masyarakat yang maju, makmur dan sejahtera

Ø  Pembahasan

Dalam merencanakan sesuatu, kita membutuhkan data yang akurat agar semua rencana tepat pada tujuan atau sasaran, begitu juga dengan perencanaan pembangunan nasional, regional dan sektoral, kita harus mengetahui, pembangunan apa yang harus kita lakukan, didaerah mana yang perludilakukan pembangunan dan sektor mana yang perlu dilakukan pembangunan. Misalnya di sebuah daerah yang beberapa bulan lalu terkena bencana gempa bumi, pemerintah harus memiliki data berapa korban yang meninggal, berapa kerugian masyarakat, apa yang dibutuhkan masyarakat untuk memperbaiki perekonomian dan hidupnya. Di sini pemerintah membantu serta membangun infrastruktur yang dibutuhkan, misalnyaseperti layanan kesehatan, rumah sakit, puskesmas, serta sarana pendidikan, sekolah.

Ø  Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat kita simpulkan bahwa penggunaan data sebagai dasar perencanaan pembangunan nasional regional dan sektoral sangatpenting, agar usaha pemerintah untuk melakukan pembangunan tersebut benar-benar tepat sasaran.

 

Contoh penggunaan data untuk dasar perencanaan personalia, keuangan, pertanian, produksi, dan penjualan?

 

Misalnya kita ingin bertani kita harus memiliki perencanaan data dasar terlebih dahulu ialah bibit apa yang kita pilih dan seberapa banyak bibit yang kita perlukan. Kemudian berapa banyak produktivitas dari hasil lahan kita, dan berapa banyak keuntungan dan kerugian yang kita dapat. Setelah semuanya sudah di rencanakan dengan data yang akurat barulah kita mencari SDM (sumber daya manusia)/ pekerja untuk mengerjakan lahan kita tersebut.

 

16.        Fungsi data, data memiliki fungsiyang sangat pentingbagi kinerja dan kelancaran kerja suatu instansi pemerintah. InstansiPemerintah membutuhkan penyusunan data yang baik agar dapat membantu para pimpinan/pengambil kebijakan dalam menyusun rencana kegiatan dan mengambil sebuah keputusan.

 

Kegunaan data bagi pimpinan daerah adalah sebagai dasar perumusan perencanaan (plan formulation), alat kontrol dalam pelaksanaan, termasuk pengawasan lebih lanjut


terhadap kemajuan yang dicapai setiap waktu (monitoring of the proggress), dan dasar evaluasi dalam suatu program (evauating of the impact and end results of the program).

 

17.        a. Data sumber daya, data pertanian, data peternakan, data kehutanan, data perikanan, data industri dan kegiatan nonpertanian lainnya, data tenaga kerja, data pendidikan, dll.

 

b. Adapun tiga teknik pengumpulan data yang biasa digunakan adalah angket, observasi dan wawancara.

 

1.              Angket

Angket / kuesioner adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada orang lain yang dijadikan responden untuk dijawabnya.

2.              Observasi

Observasi merupakan salah satu teknik pengumpulan data yang tidak hanya mengukur sikap dari responden (wawancara dan angket) namun juga dapat digunakan untuk merekam berbagai fenomena yang terjadi (situasi, kondisi). Teknik ini digunakan bila penelitian ditujukan untuk mempelajari perilaku manusia, proses kerja, gejala-gejala alam dan dilakukan pada responden yang tidak terlalu besar.

3.          Wawancara

Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tatap muka dan tanya jawab langsung antara pengumpul data maupun peneliti terhadap nara sumber atau sumber data.


Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar