Previewing and predicting


Previewing      merupakan    kegiatan    membaca    cepat.     Kegiatan     ini memungkinkan Anda, para mahasiswa, untuk meletakkan teks sesuai konteksnya.   Kegiatan   ini juga  membantu          Anda untuk menilai tingkat kesulitan suatu teks bacaan, dan seberapa dalam latar belakang pengetahuan
Anda atas topik yang dibicarakan.
Jadi, analoginya begini. Apabila Anda akan memulai suatu perjalanan, dan Anda sudah memiliki peta maka Anda dapat merancang perjalanan  Anda. Anda juga akan memiliki gambaran mengenai apa saja yang akan Anda jumpai selama perjalanan. Demikianlah manfaat previewing. Oleh karena Anda dengan membaca secara sepintas terlebih dahulu maka hal itu akan memudahkan Anda ketika melakukan kegiatanmembaca.
Previewing juga memberikan pengalaman kepada Anda bahwa Anda dapat mengambil intisari informasi dari suatu teks bacaan tanpa harus membaca kata per kata. Kegiatan previewing ini juga memberikan kemampuan yang menjadi salah satu modal dasar untuk meningkatkan tingkat kecepatan membaca dan juga untuk selanjutnya dipergunakan dalam skimming.
Adapun predicting merupakan keterampilan membaca di mana Anda, memiliki kesadaran dan kewaspadaan atas proses berpikir yang terjadi ketika kita menarik suatu “inferensi”. Beberapa kegiatan belajar di sini akan memperlihatkan bagaimana menemukan indikasi bukti-bukti atas inferensi yang Anda lakukan.
Setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat memiliki keterampilan dan strategi yang tepat yang dibutuhkan untuk memahami berbagai ragam teks; menguasai berbagai keterampilan membaca, yakni previewing, scanning, guessing words, dan skimming; dan memiliki minat dan mampu menikmati bacaan dalam bahasaInggris.
sumber referensi

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar