Ulasan Review: Badjao Spearfishermen, Spearfihing in Bohol, Philippines

Suku Bajau, Penjelajah Air Terakhir di Indonesia yang Mulai Hadapi ...


Nama                    : Andi Gigatera Halil Makkasau
NIM                       : D121191054
Review: Badjao Spearfishermen, Spearfihing in Bohol, Philippines
Suku bajau atau bajo yang ada pada video, adalah suku yang hidup berpindah-pindah atau biasa disebut dengan nomaden, suku ini telah menyebar  diberbagai Negara dan wilayah diantaranya ada di Philipina, Malaysia, dan Indonesia.  suku ini terkenal dengan pola kehidupannya yang unik, dimana suku ini hidup diatas laut dan nomaden, untuk dizaman modern seperti sekarang ini hidup nomaden adalah suatu kebiasaan yang bisa dibilang sudah sangat jarang ditemukan atau bahkan tidak ada di kehidupan modern ini. 
dari video referensi yang saya ulas dan beberapa sumber yang saya dapat dari internet.  saya menyimpulkan ada beberapa hal unik yang terjadi atau yang dilakukan oleh suku Bajau atau suku bajo ini, yang pertama adalah orang-orang suku bajau tidak memiliki kewarganegaraan, meskipun aslinya suku ini berasal dari daerah Filipina namun Negara Filipinapun tidak mengakui status legalitas kewarganegaraan suku ini. kedua adalah suku bajau ini lahir dan mati berada diperahu,  seluruh kehidupan suku bajau ini hampir dibilang 24 jam penuh dilakukan diatas perahu. mulai dari melahirkan menjalani kehidupan hingga akhirnya meninggal, semua mereka lakukan diatas perahu, dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, suku ini menangkap ikan dan menukarnya dengan bahan pokok lainnya di daratan.  ketiga suku bajau adalah suku yang orang-orang didalamnya tidak mengenal huruf atau bisa dibilang buta huruf.  keempat adalah suku bajau tidak mengetahui umur mereka, Kehidupan berpindah-pindah dari perairan satu ke perairan lainnya membuat suku Bajau tidak begitu mementingkan pendidikan bagi keturunannya. Hasilnya tentu saja mayoritas dari mereka tidak mengenal huruf alias buta huruf. Bahkan mereka tidak begitu mempermasalahkan jumlah umur yang mereka miliki. Mayoritas suku Bajau yang ditemukan di daerah Berau maupun Wakatobi ternyata tidak bisa menjawab ketika ditanya berapa umur mereka. Ternyata mereka tidak menghitung jumlah umur bahkan mungkin mereka tidak pernah mengingat kapan mereka lahir. Bagi mereka laut telah memberikan segalanya yang mereka butuhkan dan itulah yang terpenting dalam kehidupan mereka. kelima adalah suku bajau adalah suku yang terkenal memiliki kemampuan menyelam yang handal. Hal yang unik adalah bahwa anak-anak suku Bajau telah dilatih untuk bertahan hidup di laut. Sejak dini mereka diajari cara berenang dan menyelam, mereka juga di latih cara menangkap ikan di lautan lepas. Sehingga saat anak-anak ini berusia delapan tahun mereka sudah mahir untuk menyelam. Anak dengan umur yang masih belia tersebut sudah sibuk dengan urusan berburu ikan di laut.

Apakah diantara Suku Bajo masih ada yang stateless alias belum memiliki status kewarganegaraan? Bagaimana pendapat kalian mengenai masalah stateless tersebut.

menurut saya, sesuai dengan video dan referensi yang saya baca di internet.  suku bajau adalah suku yang semua warganya tidak memiliki kewarganegaraan, hal ini menurut saya akan mempersulit mereka untuk melakukan segala sesuatu di kehidupan yang sudah modern ini, ketiadaan status kewarganegaraanpun dapat membuat kehidupan suku ini terancam, banyak hal yang akan membuat suku ini adalah suku yang sangat ketinggalan di zaman modern ini. menurut saya, demi menjaga kedaulatan NKRI dan mencegah hal-hal yang tidak dinginkan, seharusnya suku bejau yang sudah tinggal menetap diindonesia dibantuk oleh pemerintah untuk mengurus status kewaraganegaraannya sebagai warga Indonesia.  intinya pemerintah harus  segera memperoses status sipil Suku Bajau Pelau dengan memberikan identitas kependudukan yang jelas, berkoordinasi dengan instansi terkait. Selain itu, secara bertahap merencanakan dan mengimplementasikan program pemberdayaan ekonomi, sosial, dan budaya bagi Suku Bajau Pelau sehingga mampu untuk meningkatkan taraf kehidupannya secara bermartabat.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar