Bahasa indonesia-Modul 5


BAHASA INDONESIA
“Modul 5”









Andi Gigatera Halil Makkasau
D121191054







Universitas Hasanuddin
Teknik informatika 2019







MODUL V (BAB V)

NAMA                                     :   Andi GIgatera Halil Makkasau
NIM                                         :   D121191054
FAKULTAS/ JURUSAN           :  TEKNIK/TEKNIK INFORMATIKA
TUGAS 1
Pilihlah satu ide pokok berikut ini kemudian kembangkan menjadi satu atau dua paragraf yang utuh dengan pola paragraf induktif atau deduktif.
1.    Kebudayaan Indonesia kaya dengan nilai-nilai gotong royong.
2.    Pemakai bahasa Indonesia mengenal dua ragam, yaitu ragam baku dan ragam nonbaku.
3.    Setiap orang berakhlak pasti antikorupsi.
4.    Indonesia telah mampu mengembangkan industri.

Perkembangan Industri di Indonesia
            Indonesia merupakan negara berkembang yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan yang dimiliki ini sudah sepatutnya berjalan seiringan dengan pertumbuhan ekonominya. Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia kian meningkat seiring peningkatan teknologi yang ada, salah satu buktinya adalah dengan menjamurnya pertumbuhan beberapa kawasan industri di tengah kehidupan masyarakat. Industri merupakan salah satu bukti dari kemampuan Indonesia dalam perkembangannya.
TUGAS 2
Susunlah kalimat berikut menjadi sebuah paragraf yang baik.
1.    Sebelum dikembalikan tentu saja dibaca dan dibuatkan ringkasannya.
2.    Dengan begitu bila buku tersebut dikembalikan di perpustakaan, kita tidak perlu mencari buku itu, tetapi cukup membaca ringkasannya.
3.    Sampai waktunya harus dikembalikan.
4.    Buku-buku atau literatur di peprpustakaan sekolah atau di perguruan tinggi biasanya boleh dipinjam dengan jangka waktu tertentu, sesuai dengan peraturan perpustakaan.

Jawab :
Buku-buku atau literatur di peprpustakaan sekolah atau di perguruan tinggi biasanya boleh dipinjam dengan jangka waktu tertentu, sesuai dengan peraturan perpustakaan. Sampai waktunya harus dikembalikan. Sebelum dikembalikan tentu saja dibaca dan dibuatkan ringkasannya. Dengan begitu bila buku tersebut dikembalikan di perpustakaan, kita tidak perlu mencari buku itu, tetapi cukup membaca ringkasannya.
TUGAS 3
Bacalah baik-baik paragraf berikut, kemudian tentukan ide pokok dan tipe pengembangan paragrafnya.
            Pemerintah menyadari bahwa rakyat Indonesia memerlukan rumah murah, sehat, dan kuat. Dinas pekerjaan umum sudah lama menyelediki bahan rumah yang murah, tetapi kuat. Agaknya bahan perlit yang diperoleh dari batu-batuan gunung berapi sangat menarik para perhatian ahli. Bahan ini tahan api dan tahan air. Lagi pula, bahan perlit dapat dicetak menurut keinginan seseorang. Usaha ini menunjukkan bahwa pemerintah berusaha membangun rumah murah, sehat, dan kuat untuk memenuhi keperluan rakyat.
Jawab :
Ide pokok dari paragraf tersebut adalah “Usaha pemerintah menjadikan bahan perlit sebagai bahan rumah untuk pembangunan rumah murah, sehat, dan kuat untuk rakyat.

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar