Essay P2KMB "Prospek Kerja Teknik Informatika" Universitas Hasanuddin

Gambar oleh kampusaja.com


PROSPEK KERJA TEKNIK INFORMATIKA  
Peran informatika untuk Indonesia semakain hari semakin baik, dibuktikan dengan pernyataan kominfo yang menyatakan optimistisme terhadap perkembangan industri telekomunikasi Indonesia di tahun 2019.
“Kita  optimistis karena secara umum pertumbuhan ekonomi di Indonesia cukup bagus. Dan kita sekarang sudah masuk era digital economy juga untuk masuk industri 4.0,” ungkap Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ismail
Ini membuktikan bahwa kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap perkembangan informatika sangat dibutuhkan secara nyata, peran informatika pada masyarakat sejauh ini telah di implementasikan secara nyata oleh pemerintah, mulai dari penggunakan teknologi dalam pelayanan umum, koordinasi instansi menggunakan teknologi, control kegiatan menggunakan teknologi, sampai migrasinya semua layanan-layanan yang dulunya hanya bisa dilakukan di kantor pusat atau kantor cabang pemerintahan, sekarang bisa diakses atau dinikmati dengan  online.
         Sebelum membahas lebih jauh tentang “prospek kerja teknik informatika” mari kita sama-sama memahami makna sebenarnya dari informatika itu sendiri, menurut para ahli dalam menafsirkan informatika itu sendiri berbeda-beda. Saya kutip beberapa pendapat atau pengertian informatika menurut para ahli,
Mc Keown
Pada 2001 Mc Keown mendefinisikan Teknologi Informatika merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah, dan untuk menggunakan informasi tersebut dalam segala bentuknya.
Cukup jelas di sini bahwa Teknologi Informasi mencakup keseluruhan bentuk teknologi yang digunakan untuk memproses informasi. Bentuknya bisa bermacam-macam layaknya komputer sebagai alat yang multimedia. Didukung oleh perangkat lunak yang sesuai dengan pengolahan informasi tersebut.
Willams dan Sawyer
Pada 2003 Williams dan Sawyer mendefinisikan Teknologi Informatika adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.
William dan Sawyer memberikan pengertian IT ini merupakan gabungan komputer yang dikaitkan dengan saluran komunikasi dengan kecepatan yang tinggi untuk pengiriman data, baik berupa text, audio maupun video. data dalam bentuk multimedia yang diakomodir oleh penggunaan komputer.
Pada 2005 Williams dan Sawyer lebih lengkap lagi memberikan definisi Teknologi Informasi sebagaui sebuah bentuk umum yang menggambarkan setiap teknologi yang membantu menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan atau menyampaikan informasi.
Kenneth C.Loudon
Pada 2004 Kenneth C.Loudon mendefinisikan Teknologi Informatika adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam hal ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang sudah diproses dan dilakukan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.
Martin, Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins
Pada 2005 mereka mendefinisikan Teknologi Informatika ini merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi. Di sini teknologi komunikasi digunakan sebagai alat penyaluran informasinya, sedangkan informasinya diolah dan disimpan dalam computer.
Secara garis besar semua pendapat atau pengertian dari para ahli menuju ke satu makna yaitu Teknologi informatika adalah teknologi yang menggabungkan system kerja computer yaitu menyimpan,mengolah, mengubah, menyimpan data secara cepat dengan menghasilkan tampilan visual dan juga menampilkan informasi yang diinginkan
Setelah kita ketahui beberapa makna Teknik informatika menurut para ahli, hampir semua pendapat menyebutkan kata “komputer”, seperti yang kita ketahui bahwa konputer adalah salah satu teknologi yang ada disekitar kita yang tidak bisa kita lepaskan dari kehidupan sehari-sehari, banyak kegiatan yang jika tanpa komputer kita akan kesulitan untuk mengerjakan dan menyelesaikannya, ada beberapa manfaat komputer dalam kehidupan sehari-sehari beberapa yaitu:
Dalam pendidikan.
kemampuan belajar siswa dapat lebih efektif.
komputer merupakan sarana untuk lebih mudah mengerjakan kreatifitas siswa
Dalam Bidang Industri dan Manufaktur.
Dapat merancang design sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah Industri.
dapat mengontrol mesin produk dengan ketepatan yang maksimal.
Dalam Bidang Bisnis Dan Perbankan
dapat membantu dalam penyimpan berkas yang lebih aman.
dapat berfungsi dalam kegiatan bertransaksi.
Dalam Bidang Kemiliteran
dapat difungsikan sebagai navigasi kapal selam.
dapat mengendalikan pesawat luar angkasa baik dengan pengemudian ataupun tidak.
Dalam Teknik dan Pengetahuan
dapat mempelajari struktur tanah angin serta cuaca.
dapat membantu dalam hal perhitung.
Bidang Kedokteran
dapat gunakan untuk mendiagnosa penyakit.
dapat digunakan untuk mengambarkan seluruh organ tubuh.
Bidang Pemerintahan
dapat mengelolah suatu data dan imformasi yang diperuntukan untuk kepenting masyarakat.
dapat menhingkatkan hubungan antara pemerintahan dan masyarakat
Bidang Entertaiment dan Permainan
dapat membuat animasi,periklanan, dan film.
dapat membuat grafis serta audiovisual menjadi lebih menarik
·         Dalam Bidang Kriminalitas

dapat memudahkan aparat terkait dalam memecahkan permasalahan.
dapat dengan mudah mendektesi pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas dan melakukan sidik jari.

Setelah kita melihat beberapa contoh manfaat komputer dan pendapat para ahli, kini prospek kerja Teknik informatika semakin jelas kedepannya bagaimana, apalagi seperti yang saya kutip pada  paragraf awal yang mengatakan bahwa kominfo sangat optimis dengan  perkembangan industri telekomunikasi Indonesia di tahun 2019. Hal ini menjadi salah satu indikasi sangat dibutuhkannya lulusan teknik informatika dan prospek kerja teknik informatika yang semakin luas, bukan hanya menjadi seorang progammer, tapi seperti informasi yang saya dapat dari www.kampusaja.com ada sekitar 25 prospek kerja lulusan teknik informatika kedepennya, ada 10 yang saya kutip, yaitu:
1.      Full Stack Developer
2.      Front End Developer
3.      Back End Developer
4.      Android Developer
5.      iOS Developer
6.      Blogger
7.      Desainer Grafis
8.      Web Desainer
9.      Cyber Security Analyst
10.  Data Scientist




Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar