Contoh soal ulangan akhir semester SMA kelas 12

SENI BUDAYA
KELAS XII  SEMESTER GENAP (DUA)
SMA NEGERI 5 MAKASSAR
TP. 2018-2019
PERTEMUAN KE-2


Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e, pada jawaban yang paling tepat!
1. Suatu bentuk kegiatan penampilan dalam rangka usaha memperkenalkan  barang, jasa, atau prestasi kepada publik, merupakan pengertian dari ....
a. pentas
b. pameran
c. show
d. aksi
e. pergelaran
2. Jika seorang seniman melakukan kegiatan mempertontonkan karya seni yang berisi seni patung, keramik, grafis, lukis, seni kriya, atau seni lainnya,  maka hal ini disebut ... .
a. pameran umum
b. pameran khusus
c. pameran tunggal
d. pameran kelompok
e. pameran seni tradisi
3. Merencanakan sebuah pameran perlu dilakukan secara sistematis dan logis agar pada waktu pelaksanaannya berjalan lancar. Di bawah ini termasuk tahapan pelaksanaan pameran kecuali....
a. menentukan tujuan
b. menentukan tema pameran
c. menyusun kepanitiaan
d. menentukan waktu dan tempat
e. menyiapkan dan memilih karya
4. Secara khusus jika akan memilih karya seniman atau lembaga kesenian profesional untuk dipamerkan, maka kriteria karya yang akan dihadirkan harus ditentukan terlebih dahulu. Kriteria karya yang akan dipilih untuk dipamerkan disesuaikan dengan ....
a. keinginan para senimannya
b. tujuan dan tema pameran
c. juknis lembaga kenesian profesional
d. sistematika pameran yang resmi
e. standar pelaksanaan pameran tingkat internasional
5. Pameran memiliki fungsi yaitu fungsi ... sebagai sarana pembelajaran, dalam bentuk sarana apresiasi,  sarana edukasi, sarana rekreasi, dan sarana prestasi.
a. sosial
b. individu
c. promosi
d. ekonomis
e. dokumentasi
6. Kritikus seni rupa adalah orang yang ahli dalam memberikan pertimbangan atau pembahasan tentang baik buruknya karya seni rupa, mencakup kaum profesi seniman atau amatir yang secara teratur memberikan pendapat atau menginterpretasikan karya seni rupa, sehingga aktifitas mereka memiliki manfaat seperti di bawah ini kecuali ....
a. pencerahan bagi penikmat seni
b. berkontribusi pada perkembangan seni rupa
c. kompetensi kritikus berkarya seni rupa
d. perkembangan ilmu seni rupa
e. sumbangan pemikiran untuk menyusun sejarah seni
7. Nilai yang dapat dilihat berdasarkan unsur-unsur rupa dan prinsip-prinsip penataan karya yang terdapat pada sebuah karya seni rupa, adalah ....
a. nilai proporsi
b. nilai kesatuan
c. nilai kesimbangan
d. nilai ritme
e. nilai estetis
8. Dalam pembelajaran kritik seni kita membaca informasi tentang tokoh-tokoh seni rupa
di Indonesia. Tokoh seni rupa Indonesia yang karyanya beraliran romantisme adalah ....
a. Affandi
b. Basuki Abdullah
c. Popo Iskandar
d. Raden Saleh
e. Sudjojono
 9. Tokoh-tokoh seni rupa mancanegara perlu diketahui dalam pembelajaran tentang kritik seni rupa. Salah seorang tokoh seni rupa mancanegara yang karyanya bercorak ekspersionisme di bawah ini adalah ....
a. Andy Warhol
b. Leonardo da Vinci
c. Rembrant
d. Vincent Van Gogh
e. Wassily Kandinsky
10. Dalam mengkritisi sebuah karya seni rupa dapat menempuh beberapa tahapan. Tahapan dalam kritik seni untuk menemukan, mencatat, dan menguraikan segala sesuatu yang dilihat apa adanya dan tidak berusaha melakukan analisis atau mengambil kesimpulan disebut ....
a. deskripsi
b. analisis formal
c. menafsirkan atau menginterpretasi
d. menilai atau mengevaluasi
e. apresiasi obyektif
11. Unsur seni rupa seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia, dan hal lain yang bersifat almiah (natural) termasuk  ....
a. ruang
b. warna
c. bidang
d. tekstur
e. bentuk
12. Jenis bahan karya seni yang digunakan turut menentukan kualitas karya seni. Bahan yang digunakan sebagai benda seni kriya di wilayah Nusantara pada umumnya terdiri dari ....
a. bahan buatan pabrik
b. hasil industri
c. buatan sendiri
d. bahan alam
e. daerah setempat
13. Suatu konsep pemikiran untuk menciptakan sesuatu melalui perencanaan yang menjurus ke barang jadi disebut ....
a. karya cipta
b. benda seni
c. seni kriya
d. desain
e. sketsa
14. Produk yang memenuhi unsur keindahan (indah kelihatannya), kenyamanan (nyaman dalam pemakaian), dan keamanan (aman terhadap pengguna dan lingkungan sekitarnya; bahan tidak mengandung zat berbahaya, produk tidak tajam atau runcing menurut fungsinya) disebut produk yang ....
a. artistik
b. ergonomis
c. estetik
d. ekonomis
e. berkualitas
15. Pada umumnya ciptaan manusia yang dapat dilihat oleh mata merupakan karya seni rupa, baik berupa seni rupa murni maupun seni rupa terapan. Karya seni rupa terapan identik dengan ....
a. ekspresi jiwa
b. keindahan
c. benda estetis
d. benda pakai
e. hiasan
16. Ditinjau dari segi waktu maka karya seni rupa prasejarah tergolong karya yang telah berusia tua. Karya lukisan yang dibuat dua ribu tahun yang lalu termasuk karya seni rupa ....
a. murni
b. klasik
c. modern
d. kontemporer
e. tradisional
17. Keberadaan tingkatan warna dari gelap ke terang dalam urutan satu warna, misalnya merah tua, merah sedang, sampai ke merah yang paling muda disebut ....
a. warna analogus
b. warna monochromatic
c. warna komplementer
d. intensitas warna
e. value warna
18. Jenis cat yang digunakan dalam melukis sangat banyak, ada yang berbasis air dan ada pula  yang berbasis minyak, ada yang berbentuk padat dan ada juga yang berbentuk cair. Karakteristik dari bahan cat tersebut juga berbeda-beda, seperti halnya cat air memiliki sifat yang ....
a. plakat
b. kontras
c. tajam
d. lembut
e. transparan
19. Keterampilan dalam mengolah bahan, menggunakan alat, dan penguasaan teknik yang baik sangat diperlukan untuk mewujudkan sebuah karya seni yang berkualitas. Ingatlah bahwa keterampilan mewujudkan karya yang berkualitas sesungguhnya lebih ditentukan oleh ....
a. bakat seseorang
b. alat dan bahan yang mahal
c. ketekunan dalam berlatih
d. tingginya pendidikan seseorang
e. usia yang semakin matang
20. Pengkategorian karya seni sangat kita perlukan terutama dalam kegiatan kritik dan apresiasi. Pengkategorian jenis karya seni rupa berdasarkan bahan pembuatannya maka dikenal ....
a. karya seni kriya kayu
b. karya seni rupa pra sejarah
c. karya seni kriya ukir
d. karya seni kriya batik
e. karya seni rupa modern
 21. Untuk mencapai makna komunikasi yang baik  dalam suatu penyelenggaraan pameran, seperti karya-karya seni rupa yang dipajang tersaji dengan baik, sehingga para pemirsa dapat mengamatinya dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis, dan pemahaman nilai-nilai seni, maka salah satu hal yang sangat mendukung adalah ....
a. deperlukan teknologi pameran yang canggih
b. diperlukan karya dari seniman terkenal
c. diperlukan karya yang berharga mahal
d. diperlukan sebanyak mungkin karya seni
e. diperlukan pengetahuan manajemen tata pameran
22. Untuk mencapai tujuan pameran kita perlu bekerjasama dan membagi tugas sesuai kebutuhan  (sangat tergantung dari apa yang dipamerkan, di mana pameran diselenggarakan, dan siapa yang akan menyaksikan pameran tersebut). Terkait dengan hal di atas maka dibutuhkan ....
a. proposal pameran
b. materi pameran
c. kurasi pameran
d. aktivitas diskusi
e. panitia pameran
23. Aktivitas pameran seni rupa murni, desain, dan kriya adalah bagian akhir dari suatu kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam kegiatan pameran dapat terdeteksi ....
a. jumlah pengunjung yang mencintai seni rupa
b. nilai seni budaya siswa setiap sekolah
c. jumlah siswa berbakat setiap sekolah
d. potensi kesenirupaan setiap sekolah.
e. Tingkat kepedulian pihak sekolah terhadap seni budaya rupa
24. Dalam menganalisis karya seni rupa, aspek yang berkaitan dengan aktivitas pengamatan
karya seni untuk menemukan sumber inspirasi, interes seni, interes bentuk, penerapan prinsip
estetik, dan pengkajian aspek visual, seperti struktur rupa, komposisi, dan gaya pribadi adalah aspek ....
a. prosedur
b. fungsi
c. tokoh
d. konsep
e. nilai estetis
25. Nilai yang dapat ditemukan melalui pengkajian gejala visual karya seni, dengan aktivitas berdasarkan kriteria ekselensi seni pada kualitas integratif  tatanan formal karya seni adalah ....
a. nilai artistik
b. nilai keindahan subjektif
c. nilai keindahan objektif
d. nilai fungsi seni
e. nilai kualitas seni
26. Aktivitas mengelompokkan karya seni rupa berdasarkan seni lukis, seni patung,  seni grafis, desain tekstil, keramik, dan lain-lain dilaksanakan dengan pertimbangan kriteria yang telah disepakati untuk dipamerkan disebut ....
a. seleksi materi pameran
b. kurasi pameran
c. klasifikasi materi pameran
d. pembukaan pameran
e. perencanaan pameran
27. Membaca teori seni, termasuk sejarah seni, reputasi seniman, dialog dengan tokoh seniman dan budayawan, merupakan  ... dalam berapresiasi, sehingga para siswa dapat menyertakan argumentasi yang logis dalam meyimpulkan makna seni.
a. kesadaran apresiator
b. aktivitas pendukung
c. aktivitas positif
d. kemampuan literasi
e. hal yang wajar
28. Aktivitas psikologis (kejiwaan) manusia meliputi :
1) sensasi (reaksi panca indra kita mengamati seni)
2) emosi (rasa keindahan)
3) impresi (kesan pencerapan)
4) interpretasi  (penafsiran makna seni)
5) apresiasi (menerima dan menghargai makna seni)
6) evaluasi (menyimpulkan nilai seni)
Urutan yang tepat secara psikologis pengalaman pengindraan karya seni adalah ....
a. 2,1,3,4,5,6
b. 1,2,3,4,5,6
c. 3,2,1,4,5,6
d. 4,3,2,1,5,6
e. 5,6,1,2,3,4
29. Seni lukis adalah penggunaan garis, warna, tekstur, ruang dan bentuk, shape, pada suatu permukaan, yang bertujuan menciptakan berbagai image. Definisi di ini dikemukakan oleh ....
a. Herbert Read
b. Edmund Burke Feldman
c. Raden Saleh
d. Leonardo da Vinci
e. Vincen Van Gogh
30. Unsur garis juga dapat membangun asosiasi kita kepada kesan tertentu, misalnya garis horisontal memberikan kesan....
a. tenang, tidak bergerak, diam, dan lebar.
b. agung, stabil, tinggi,
c. jatuh, bergerak
d. dinamis
e. spontan
31. Dalam lingkaran warna  (color circle), dapat dilihat warna primer yaitu ....
a. hijau, ungu, oranye,
b. hitam, putih, abu-abu
c. merah, biru, hijau
d. biru, hijau, kuning
e. merah, biru, dan kuning
32. Sebagai aktivitas reka letak atau perancangan, desain dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan benda-benda fugsional yang estetis. Proses kreasi desain mencakup hal-hal berikut, kecuali ....
a. Studi Pendahuluan
b. Profil Pasar dan Segmen Konsumen
c. Alternatif  Desain
d. Uji coba
e. Jumlah Produksi
33. Secara khusus penyelenggaraan pameran di sekolah memiliki ... , yaitu untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan siswa dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif.
a. manfaat
b. tujuan
c. fungsi
d. jenis
e. lingkup
34. Dalam penyelenggaraan pameran yang bertanggungjawab terhadap kelancaran pelaksanaan pameran adalah ....
a. Ketua Panitia
b. Wakil Ketua Panitia
c. Sekretaris
d. Bendahara
e. Seksi Keamanan
35. Daftar yang berisi identitas seniman dan karya serta kuratorial penyelenggara pameran yang berfungsi sebagai penjelasan mengenai hal ilhwal seniman dan karya seni yang dipamerkannya adalah ....
a. brosur
b. katalog
c. poster
d. folder
e. spanduk
36. Kata sambutan dari ketua panitia pelaksana pameran dan pembimbing, dilakukan pada saat ....
a. Dipersilahkan oleh MC
b. Acara pembukaan pameran
c. Acara Penutupan pameran
d. Pameran sedang berlangsung
e. Kepala sekolah telah memberikan sambutan
37. Jenis karya seni rupa yang hanya dapat dinikmati dari satu arah pandangan disebut karya....
a. seni lukis
b. seni relief
c. seni patung
d. seni rupa dua dimensi
e. seni rupa tiga dimensi
38. Berdasarkan ukurannya, karya seni rupa terbagi atas dua bagian yaitu ....
a. karya seni rupa murni dan terapan
b. karya seni rupa ukuran besar dan kecil
c. karya seni lukis dan seni patung
d. karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi
e. karya seni rupa kualitas rendah dan tinggi
39. Cat minyak memiliki karakteristik yang bersifat plakat atau tidak tembus pandang. Media yang tepat untuk melukis dengan menggunakan cat minyak greco adalah ....
a. kertas
b. plastik
c. kanvas
d. kaca
e. kayu
40. Seniman, desainer, kriyawan, perajin, adalah orang-orang yang selalu mengolah unsur-unsur seni rupa fisik dan non fisik sesuai dengan keterampilan dan kepekaan yang dimilikinya dalam mewujudkan sebuah karya seni rupa. Mereka memiliki julukan sebagai ....
a. Seniman
b. Seniwati
c. Perupa
d. Penggiat Seni
e. Pecinta Seni
41. Jenis panggung yang cocok digunakan untuk pementasan yang cenderung formal, antara pemain dengan penonton terkesan ada jarak adalah panggung . . . .
prosenium
tapal kuda
segi empat
arena
kipas
42. Teater yang ceritanya dibuat berdasarkan ide kelompok adalah teater . . . .
gerak
komedi
boneka
tradisional
kontemporer
43. Perhatikan aspek-aspek berikut ini!
aspek tari
bernyanyi
membaca puisi
Aspek-aspek tersebut dapat disisipkan dalam pementasan teater . . . .
pantomim
boneka
modern
kontemporer
tradisional
44. Bentuk ruangan akan memantulkan gelombang bunyi dengan berpusat di sisi tengah ruangan, karena permukaan dinding yang berbentuk cekung. Hal tersebut merupakan ciri dari panggung . . . .
prosenium
Tapal kuda
segi empat
arena
kipas
45. Penggunaan properti lampu pijar dengan suasana yang cenderung temaram merupakan setting dari suasana . . . .
malam hari
mencekam
siang hari
gembira
sedih
46. Setelah bank data ide diperoleh, tahap selanjutnya adalah dilakukan identifikasi ide-ide berdasarkan  . . . .
judul
penokohan
ide-ide yang serupa
latar
aksesoris
47. Kerusakan hutan yang disebabkan oleh manusia adalah gambaran dari konflik . . . .
batin
kelompok
manusia dengan alam
manusia dengan manusia
manusia dengan tumbuhan
48. Nilai estetis dalam pergelaran teater merupakan akumulasi dari nilai-nilai yang digagas dan dikomunikasikan kepada penonton. Yang tidak termasuk nilai estetis teater di bawah ini adalah  . . . .
nilai emosional
nilai intelektual
nilai visual
nilai verbal
nilai konversi
49. Di bawah ini merupakan hal yang harus dikritisi ketika kita mengapresiasi pergelalaran teater, kecuali ....
konsep cerita dan teknis penggarapan cerita
konsep dan teknis pementasan
konsep dan harga property
konsep dan teknik penyutradaraan
konsep dan teknnik permainan
50. Dekorasi panggung untuk memperkuat cerita teater kontemporer disebut . . . .
setting
kostum
penokohan
tema
konflik
51. Aksesoris, kostum, riasan, dan dialog pemain dapat ditentukan pada . . . .
memilih riasan
penentuan tokoh
pengembangan  cerita
pemunculan  ide
penuangan  ide
52. Semua yang dikenakan atau dipakai oleh pemain disebut . . . .
tema
topik
penokohan
riasan
kostum
53. Pertunjukan teater dipimpin oleh . . . .
pemain
penata rias
penata busana
sutradara
koreografer
54. Adegan yang dapat menggambarkan situasi kepanikan adalah . . . .
sekelompok anak sedang bermain
orang-orang berlari menyelamatkan diri
ibu sedang menyiapkan makanan di dapur
bapak-bapak sedang kerja bakti di lapangan
anggota keluarga sedang berbincang di ruang tamu
55. Perasaan duka dapat digambarkan dengan ekspresi . . . .
tertawa
bahagia
tersenyum
menangis
gelisah
56. Pengertian tokoh protagonis adalah . . . .
peran tambahan
peran sentral cerita
pendukung pihak antagonis
pendukung pihak protgonis
peran yang keinginannya bersebrangan d engan peran sentral
57. Untuk mengembangkan ide dengan mudah, hal yang biasanya dilakukan adalah . . . .
membuat alur
menentukan tema
menentukan judul
menentukan blocking
membagi cerita ke dalam beberapa adegan
58. Memberikan sorotan lampu pada pemain agar memberi suatu efek tertentu disebut . . . .
judul
ide cerita
penokohan
setting
lighting

Perhatikanlah keterangan adegan di bawah ini unutk menjawab pertanyaan nomor 59 dan 60.







59. Latar tempat yang ditunjukkan oleh adegan tersebut adalah . . . .
kantor
pedesaan
perkotaan
pantai
pegunungan
60. Latar waktu yang ditunjukkan adegan tersebut adalah . . . .
pagi hari
sore hari
hari Sabtu
malam hari
hari Minggu
klik disini untuk mendownload file SOAL

Share
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

LATEST ARTICLES

Posting Komentar